Semen Mortar

Sejak beberapa tahun terakhir, semen mortar semakin banyak digunakan untuk menggantikan semen konvensional. Kepopuleran semen instan ini dipengaruhi juga oleh kecenderungan para pengembang atau perorangan untuk mengganti bata merah dengan bata ringan saat membuat bangunan. Lantas, apa saja jenis-jenis mortar dan fungsinya? Berikut penjelasan Semen Mortar.

7 Jenis Semen Mortar dan Kegunaannya untuk Konstruksi

Salah satu keunggulan semen instan yang membuatnya banyak dipilih adalah pemakaiannya yang sangat mudah dan praktis. Cukup ditambah air dan diaduk rata, semen sudah bisa langsung dipakai.

Semen instan ini dibuat dari beberapa material yang dicampur dengan formulasi khusus sehingga menghasilkan daya rekat yang sangat tinggi. Pada umumnya, kandungan yang digunakan terdiri dari semen PCI, pasir khusus, bahan pengisi (premium filler), dan tambahan bahan aditif lainnya.

Mortar instan, yang sering juga disebut dengan dry mortar, dibuat dengan dua tujuan utama. Pertama, untuk meningkatkan efisiensi waktu dan biaya pengerjaan konstruksi bangunan. Kedua, meminimalkan risiko salah takaran saat membuat campuran karena semua bahan sudah tercampur dengan komposisi dan takaran yang tepat.

Semen ini diproduksi dalam beberapa jenis yang disesuaikan dengan fungsinya. Saat ini, ada 4 jenis semen mortar dengan kegunaan yang berbeda-beda, yaitu semen untuk perekat bata ringan, plesteran dinding, acian, dan pemasangan keramik.

  1. Perekat Bata Ringan

Jenis mortar yang pertama ini sering disebut juga sebagai lem hebel. Dibandingkan semen konvensional, pemakaian perekat bata ringan terbilang jauh lebih hemat. Bata merah membutuhkan lapisan perekat yang tebal agar saling menempel dengan kuat, sedangkan pada bata ringan, lapisan perekat cukup dioleskan tipis saja. Kemasan  mortar seberat 40 kg bisa digunakan untuk dinding seluas 10–14 meter persegi.

  1. Plester Dinding

Berbeda dengan jenis pertama yang hanya bisa dipakai untuk bata ringan, mortar plester dinding bisa digunakan sebagai plester dinding dari bata ringan, bata merah, maupun batako. Sebagai gambaran, satu kemasan seberat 50 kilogram bisa digunakan untuk dinding dengan luas 2,5–3 meter persegi.

  1. Acian Instan

Untuk menghaluskan permukaan tembok, ada jenis mortar yang ketiga, yaitu acian instan. Bahan bangunan satu ini sangat bisa diandalkan karena punya banyak keunggulan: lebih cepat kering, warna cat lebih jelas karena dinding menjadi padat dan tidak menyerap cat. Selain itu, kemungkinan terjadinya retak rambut sangat kecil dan dinding tidak perlu dilapisi plamir (cat dasar) sehingga lebih ekonomis.

 

  1. Perekat Keramik

Saat memasang keramik, dibutuhkan bahan perekat yang berkualitas agar keramik tidak mudah lepas atau terangkat akibat panas. Karena itu, pilihlah mortar instan yang dibuat dengan formulasi khusus untuk digunakan sebagai perekat keramik yang sangat kuat.

  1. Perekat Keramik di Atas Keramik

Terkadang, dalam merenovasi rumah, dibutuhkan proses pemasangan keramik baru di atas keramik yang sudah ada sebelumnya. Untuk melakukan pekerjaan ini dibutuhkan mortar instan khusus yang memiliki daya tekan dan daya rekat yang sangat kuat.

 

  1. Pengisi Celah Beton

Jenis mortar instan ini berbahan dasar semen, pasir, silika, filter, dan zat aditif yang sudah dicampur secara homogen. Kelebihan bahan bangunan ini adalah kuat tekanannya sangat tinggi dan muai susutnya sangat baik.

 

  1. Perata Lantai

Jenis mortar khusus selanjutnya adalah yang digunakan sebagai perata lantai dan menambah ketinggian lantai sebelum dilanjutkan dengan pemasangan perekat keramik lantai. Perlu diingat, semen instan ini tidak direkomendasikan untuk digunakan pada material yang terekspos.

Pemakaian semen mortar akan memberikan dua keuntungan dari segi teknis dan ekonomis. Secara teknis, kualitas bangunan menjadi jauh lebih baik dan secara ekonomis, biaya konstruksi menjadi lebih hemat menggunakan Semen Mortar

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *