Semen Mortar Bagus

Mengapa Semen Mortar Bagus Untuk Konstruksi dan Non-Konstruksi?

Anda mungkin sering melihat retak rambut pada acian dinding. Meski tidak berbahaya, retak pada dinding membuatnya tampak kurang bagus dan memberi kesan rapuh. Nah, kehadiran semen instan atau semen mortar menjadi salah satu solusinya. Semen mortar bagus untuk acian karena lebih kokoh dan hasilnya lebih rapi.

Mengapa Semen Mortar Bagus untuk Konstruksi

Ada beberapa potensi kelemahan yang berkaitan dengan semen konvensional. Di antaranya adalah:

  • Kualitas pasir yang bervariasi. Hasil yang diperoleh tergantungf kualitas pasir yang digunakan. Jika anda beruntung mendapatkan pasir yang bagus, maka hasil acianpun lebih bagus
  • Proses pengaduan yang bervariasi. Tahapan ini umumnya dilakukan kenek atau tukang. Perbandingan bahan yang tidak konsisten membuat hasil akhirnya juga bermacam-macam.
  • Adukan tidak bagus, maka akan terlihat berbagai masalah seperti permukaan dinding tidak rapi, plesteran retak dan mudah rapuh, maupun munculnya jamur karena kelembaban bisa masuk melalui celah yang tak tertutup.

Nah, beberapa potensi masalah di atas bisa dihindari jika menggunakan semen mortar. Kenapa? Semen instan diproduksi dengan cara terstandar dan kualitas mutu yang diawasi dengan baik. Hasilnya adalah permukaan yang lebih rata dan rapi, sekaligus tahan lama.

Selain itu, semen mortar bagus karena semen ini dirancang untuk berbagai kepentingan sesuai peruntukannya, seperti semen mortar khusus untuk pemasangan bata ringan, plesteran dinding dan pengacian, pemasangan keramik lantai, pemasangan keramik dinding, mortar anti-bocor yang tahan air, dan sebagainya. Variasi pemakaian ini berasal dari komposisi bahan yang disesuaikan dengan peruntukannya.

Cara Memilih Semen Mortar Bagus

Ketika anda berbelanja di toko bangunan, akan ada banyak merk semen mortar yang anda temui. Lalu, bagaimana anda memilih semen mortar bagus? Pada dasarnya, pilihan mesti disesuaikan dengan kebutuhan dan selera anda. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu anda pertimbangkan saat memilih semen instan ini:

Kegunaan

Berbeda dengan semen biasa yang dipakai untuk keperluan apapun, semen mortar bervariasi sesuai kegunaannya. Pasalnya, komposisi yang digunakan berbeda di setiap jenisnya. Sebagai contoh, mortar instan untuk pengacian dinding tidak cocok digunakan untuk perekat keramik, demikian sebaliknya. Jadi, hal pertama yang harus dipertimbanngkan adalah peruntukannya. Jika salah memilih, bisa saja hasilnya tidak tahan lama.

Kuat Tekan

Faktor ini perlu menjadi perhatian saat anda ingin membeli semen mortar untuk keperluan konstruksi, seperti pondasi, struktur penahan beban, kolom, maupun bekisting. Sementara itu, plesteran maupun pengacian bukan termasuk pekerjaan struktur. Di antara beberapa brand semen mortar yang ada, nilai kuat tekan masing-masing bervariasi, meski peruntukannya sama-sama untuk pengerjaan konstruksi. Tentunya, pilihan anda sebaiknya adalah merk semen dengan nilai kuat tekan tertinggi.

Waktu Kering

Pertimbangan waktu kering tidak murni didasarkan kepada kebutuhan, namun juga masalah selera. Misalnya, ada tukang yang lebih menggemari semen yang cepat kering, terutama untuk pekerjaan dengan durasi singkat seperti kerja borongan. Namun biasanya, semen yang cepat kering ini lebih rawan mengalami retak. Namun, jika sering disiram, resiko retak bisa diminimalisir.

Ada juga tukang yang lebih suka semen yang lambat kering karena mereka bisa bekerja dengan tenang dan hati-hati. Jadi, hasilnya lebih bersih dan lebih kokoh. Biasanya, tukang yang bekerja untuk rumah pribadi (bukan dari pengembang) lebih menyukai semen jenis ini.

Kesimpulannya, pilihan semen mortar bagus tergantung kepada kebutuhan dan selera anda. Masing-masing memiliki keunggulan. Sebaiknya, carilah referensi karakteristik masing-masingnya, sehingga anda tidak salah dalam memilih.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *